Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik

Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik merupakan hal yang lebih baik daripada mengobati. Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anda. Dalam tulisan ini akan dijelaskan beberapa langkah yang dapat dilakukan demi menjaga kesehatan mata anda.

Mata merupakan salah satu organ panca indra yang sangat penting bagi manusia. Dengan menjaga kesehatan mata , anda dapat terhindar dari resiko penyakit mata dan hilangnya penglihatan. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dapat anda lakukan demi menjaga kesehatan mata anda.

Rutin Memeriksakan Mata

kesehatan mata

Setiap orang sudah pasti sangat dianjurkan untuk selalu memeriksakan kesehatan mata ke dokter spesialis mata paling tidak intensitas dua tahun sekali. Dengan rutin memeriksakan mata, anda dapat mendeteksi masalah masalah yang muncul pada mata dikarenakan oleh penyakit tertenti contohnya adalah penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi.

Orang yang sudah memiliki usia lebih dari 40 an tahun biasanya harus memeriksakan mata satu tahun sekali. Hal ini dapat berguna demi mencegah adanya penyakit mara dikarenakan bertambahnya usia, seperti adanya regenerasi makula, katarak dan glaukoma. Sedangkan untuk anak anak biasanya dua tahun sekali hal ini dilakukan untuk mendeteksi adanya masalah penglihatan yang dapat berpengaruh kepada kemampuan belajar anak. Anak anak tidak harus bisa baca buku untuk melakukan pemeriksaaan kesehatan mata.

Mengonsumsi Makanan Sehat

 

Dengan mengonsumsi jenis makanan yang sehat dan bergizi serta mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, Zinc, Selenium, Lutein dan Omega 3 dapat membantuk mengatasi permasalahan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Nutrisi nutrisi tersebut dapat anda peroleh dengan memakan sayuran dengan daun yang hijau, ikan salmon, ikan tuna, telur, kacang kacangan dan buah jeruk.

Jangan Menatap Layar Elektronik Terlalu Lama

kesehatan mata

Jika anda menatap layar laptop, komputer ataupun smartphone dalam waktu yang lama bisa menyebabkan mata anda lelah. Gejala yang akan muncul biasanya adalah kepala sakit, leher nyeri, bahu dan punggung terasa sakit, mata kering dan tegang, tidak dapat fokus jika menatap kejauhan, dan pandangan akan menjadi kabur. Jika memang anda bekerja  di tempat yang mengharuskan di depan komputer setiap harinya maka yang harus anda lakukan adalah mengalihkan pandangan mata setiap 20 menit sejauh 7 meter selama 20 detik, hal ini dilakukan untuk pengurangan ketegangan mata anda. Atau anda dapat mengistirahatkan mata kurang lebih selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Jika anda merasa mata anda kering maka yang harus anda lakukan adalah sering sering untuk mengedipkan mata anda.

Pakai Kacamata Hitam

kesehatan mata

Selain kulit mata juga harus dilindungi dari efek bahaya terkena sinar UV matahari. Jika mata anda sering terpapar sinar UV hal yang terjadi adalah mata anda dapat mengalami penyakit katarak, kornea terbakar, degenarasi makula dan kanker mata. Maka dari itu seringlah memakai kacamata gelap atau kacamata hitam agar dapat memblokir sinar UV A dan UV B mengenai mata anda, dan sertakan juga topi ketika anda jalan jalan diwaktu siang hari.

Jangan Merokok

kesehatan mata

Merokok bisa saja menyebabkan anda terkena penyakit katarak, degenerasi makula dan beberapa saraf optik dapat rusak. Hal ini dapat menyebabkan kebutaan pada mata serta rusaknya retina. Merokok juga dapat menimbulkan adanya timbunan plak pada pembuluh darah dan melemahkan arteri. Sehingga dapat meningkatkan resiko terkenan serangan jantung.

Buang Makeup Lama

Bakteri dapat tumbuh dengan cepat dan mudah pada riasan mata yang berbentuk cari dan krim. Jika anda memiliki make up lama maka segeralah anda membuangnya, maksimal dalam penggunaan make up adalah dengan jangka waktu 3 bulan penggunaan. Perlu diingat juga agar anda tidak meminjamkan makeupu kepada orang lain ataupun meminjam makeup dari orang lain. Selalu pastikan bahwa ketika anda mencuci muka setelah make up harus selalu pastikan benar benar bersih. Jika terjadi iritasi maupun infeksi mata ketika anda menggunakan makeup segeralah untuk menghapus riasan dan periksakan ke dokter spesialis mata.

Rutin Berolahraga

Dengan berolahraga yang teratur maka dapat mengurangi resiko kehilangkan penglihatan. Yang disebabkan oleh tekan darah tinggi, diabetes serta kolestrol yang tinggi.

Dalam menjaga kesehatan mata anda, dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan permasalahan permasalahan yang terjadi pada mata anda. Jika anda merasa bahwa ada butiran pasir yang ada dilam mata, sangat disarankan untuk membilasnya dengan air bersih. Jika mata anda merasakan gatal ataupun terlihat merah anda dapat mengatasinya dengan obat tetes mata atau dengan menggunakan kompres dingin.

Segeralah untuk memerikasakan diri ke dokter spesialis mata. Jika anda memiliki gangguan atau keluhan pada mata yang terus menerus, mata bengkak, sensitif terhadap adanya cahaya, contohnya adalah adanya bintik bintik yang gelap dan mengambang kita anda melihat atau mengalami gangguan penglihatan.

Itulah cara cara menjaga kesehatan mata kita dengan baik. Jika anda membutuhkan peralatan kesehatan untuk setiap harinya. kami dari AGM Medica Distributor Alat Kesehatan Terlengkap menyediakan berbagai jenis alat alat kesehatan untuk rumah tangga dan alat kesehatan untuk rumah sakit. Anda dapat berbelanja melalui Toko online kami yaitu Agmmedica.com

 

error: Content is protected !!