Menghindari Penyakit Dengan Menjaga Kesehatan Tubuh

Jika anda ingin terhindar dari berbagai jenis penyakit maka sangat banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Dengan menerapkan berbagai cara yang baik maka kualitas hidup anda yang sehat bisa terjaga dengan baik.

Bukan hal yang sulit untuk menerapkan cara dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Jika anda benar benar konsisten dalam melakukannya maka anda dapat dengan mudah menerapkan kebiasaan kebiasaan yang baik. Mulailah dari hal hal yang kecil seperti istirahat yang cukup dan berolahraga yang teratur.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Mengubah kebiasaan dan pola hidup menjadi lebih baik dan sehat memang tidaklah mudah. Akan tetapi dengan cara bertahap maka kebiasaan akan berjalan dengan baik. Memiliki pola hidup yang ehat dapat menjadi cara untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Berikut ini merupakan beberapa pola hidup sehat yang mungkin dapat anda lakukan dan anda biasakan. Simak selengkapnya.

Konsumsilah Jenis Makanan Sehat

cara hidup sehat

Mengonsumsi makanan yang ehat merupakan keharusan bagi setiap orang tiap harinya, dengan mengonsumsi makanan yang sehat maka gizi dan nutrisi untuk tubuh akan terpenuhi. Jenis makanan yang sehat yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral. Untuk sumber protein disarankan agar mengonsumsi daging yang tanpa lemak, susu, produk olahan susu, ikan laut, ikan air tawar dan telur. Untuk sumber kebutuhan karbohidrat anda dapat mengonsumsi nasi, nasi merah, quinoa, oat dan roti gandum.

Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi jenis makanan sehat dari sayuran, seperti asparagus, wortel, brokoli, kol, kale, kubis, mentimun, lobak, jamur, terong, labu, kacang-kacangan ataupun paprika. Makanan dari jenis sayuran mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain jenis sayuran, anda dapat mengonsumsi jenis buah buahan yang baik untuk kesehatan tubuh, contohnya seperti apel, pisang, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, blueberry, nanas, buah pir, anggur dan lemon. Buah-buahan juga sangat bagus untuk meningkatkan nutrisi bagi tubuh karena mengandung banyak sekali vitamin dan sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan diet.

Sering-Seringlah Rutin Berolahraga

 

Dengan melakukan kegiatan olahraga yang rutin anda dapat menjaga kesehatan tubuh anda dikarenakan tubuh lebih aktif untuk bergerak dan berkeringat. Dengan berolahraga tubuh anda dapat mencegah serta mengelola permasalahan kesehatan tubuh yang sedang diderita, seperti stroke, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, diabetes, radang sendi hingga penyakit seperti kanker.

Untuk menjaga kesehatan agar lebih baik lagi sangat disarankan agar anda melakukan olahraga selama 150 menit dalam waktu seminggu. Atau anda dapat meluangkan waktu anda sekitar 30 an menit setiap hari untuk olahraga.

Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

 

Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan resiko dari berbagai jenis penyakit. Penyakit seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker dan stroke akan sangat rentan sekali diderita oleh penderita obesitas (kelebihan berat badan). Dalam mengontrol berat badan anda dapat mengeceknya secara langsung melalui Indeks Massa Tubuh (IMT)

Hentikan Kebiasaan Merokok

 

Bagi anda yang perokok sangat disarankan sekali untuk menghentikan kebiasaaan merokok anda dari sekarang. Rokok memiliki resiko dalam membahayakan kesehatan tubuh anda. Selain dengan berhenti merokok anda juga harus menghentikan kebiasaan dalam mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol demi kesehatan tubuh anda.

Lindungilah Kulit Anda

 

Sangat disarankan agar anda menggunakan tabir surya, dengan tujuan agar melindungi kulit anda dengan baik. Tidak hanya itu saja, dengan memakai pakaian lengan panjang atau topi yang memiliki tepi lebar disaat anda melakukan aktivitas ruangan dapat menjaga kulit anda tetap terlindungi. Dikarenakan sebuah paparan sinar matahari dalam jangka yang panjang dapat menyebabkan kulit anda terbakar, meningkatkan resiko penuaan dini dan kanker kulit.

Seks Dengan Aman

 

Seks yang sehat tidak hanya memberi kepuasaan secara emosional saja akan tetapi dapat memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jika anda sudah aktif seksual maka anda harus menghindari perilaku seks bebas (berganti ganti pasangan). Hal ini agar anda terhindar dari berbagai penyakit menular seksual dan dapat meningkatkan tingkat resiko bagi kesehatan reproduksi dan kesehatan tubuh anda.

Anda bisa melakukan berbagai cara seperti diatas secara rutin dengan tujuan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Lakukanlah medical check up yang rutin berkala dengan dokter. Anda juga dapat mengetahui lebih awal tentang gangguan kesehatan/ penyakit yang berisiko akan datang dan akan diderita oleh anda. Semakin cepat penyakit anda diketahui (terdeteksi) maka anda dapat juga dengan cepat untuk melakukan penanganan.

 

error: Content is protected !!