JENIS-JENIS CEDERA SAAT OLAHRAGA DAN CARA MENANGANINYA

JENIS-JENIS CEDERA SAAT OLAHRAGA DAN CARA MENANGANINYA

Olahraga itu baik untuk Anda, tetapi terkadang Anda dapat melukai diri sendiri saat berolahraga. Kecelakaan, praktik pelatihan yang buruk, atau peralatan yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera bagi Anda. Beberapa orang terluka karena tidak dalam kondisi baik saat mereka berolahraga. Selain itu tidak melakukan pemanasan atau peregangan yang cukup juga dapat menyebabkan cedera. Jika tidak ditangani dengan benar, bisa saja Anda dapat berakhir menggunakan tongkat atau kursi roda untuk berjalan atau bahkan kursi roda yang tersedia banyak di AGM Medica.

Berikut ini kami akan membahas jenis-jenis cedera yang bisa terjadi saat berolahraga.

Cedera Olahraga Yang Paling Umum Adalah

  • Keseleo dan tegang
  • Cedera lutut
  • Otot bengkak
  • Cedera tendon Achilles
  • Nyeri di sepanjang tulang kering
  • Cedera rotator cuff
  • Fractures (patah tulang)
  • Dislokasi

Jika Anda terluka, segera hentikan aktivitas olahraga Anda karena jika tidak demikian akan dapat menyebabkan lebih banyak bahaya. Perawatan sering kali dimulai dengan metode RICE (Rest, Ice, Compression, dan Elevation) untuk meredakan nyeri, mengurangi bengkak, dan mempercepat penyembuhan. Perawatan lain yang memungkinkan termasuk mengaplikasikan pereda nyeri, mencegah area yang cedera bergerak, rehabilitasi, dan terkadang operasi.

Ada Dua Jenis Cedera Olahraga

  • Cedera traumatis akut 

Cedera ini meliputi hal-hal seperti patah tulang, keseleo dan tegang, gegar otak, dan luka. Mereka biasanya terjadi setelah pukulan atau benturan kuat – seperti dijegal di sepak bola.

  • Cedera berlebihan termasuk hal-hal seperti stress fracture dan tendonitis

Cedera ini juga disebut cedera kronis karena terjadi seiring waktu, biasanya dari latihan yang dilakukan secara berulang, seperti berlari atau melakukan servis bola dalam tenis. 

Cedera berlebihan bisa sama merusaknya dengan cedera akut, meskipun pada awalnya mungkin tidak tampak serius. Jika tidak diobati, biasanya memburuk dan berakhir dengan sebuah kursi roda yang harus Anda beli di distributor alat kesehatan Semarang.

Mencegah Kembalinya Cedera

Saat Anda sudah pulih, Anda mungkin memerlukan alat pelindung baru untuk melindungi bagian tubuh yang cedera. Ini dapat mencakup sepatu yang dimodifikasi, selotip untuk memberikan dukungan ekstra, atau bantalan tambahan untuk melindungi dari hantaman langsung.

Untuk membantu mencegah cedera kembali, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum latihan dan permainan. Lakukan perlahan saat Anda pertama kali kembali berolahraga dan secara bertahap tingkatkan kembali ke tingkat sebelum cedera.

Yang terpenting, ketahuilah batasan Anda. Periksa tubuh Anda: jika area yang sebelumnya cedera (atau bagian tubuh mana pun) mulai terasa sakit, segera hentikan dan istirahat. Dapatkan bantuan dari dokter jika nyeri berlanjut. Nyeri adalah cara tubuh Anda mengatakan sesuatu yang tidak benar jadi jangan didiamkan.

Lalu jika terpaksa, Anda perlu membeli peralatan kesehatan pada distributor alat kesehatan yang dapat Anda temukan di kota-kota seperti Semarang, Jogja, Jakarta dan sebagainya.

error: Content is protected !!