Perawatan Rambut Rontok Untuk Pemula

perawatan rambut rontok

Tidak sedikit orang yang melakukan perawatan rambut rontok dengan tujuan agar rambutnya menjadi lebih kuat dan sehat. Hal yang demikian dikarenakan adanya keluhan rambut rontok yang sangat mengganggu seseorang terhadap rasa percaya diri, terutama pada wanita. Mesikpun seperti, perawatan rambut rontok sangat perlu disesuaikan dengan penyebabnya.

Rambut rontok dapat terjadi kepada siapa saja, baik pria maupun wanita. Kondisi rambut rontok ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari genetik hingga penyakit tertentu, seperti kurangnya gizi, alopecia, masalah tiroid, gangguan hormon dan adanya infeksi jamur pada kulit kepala.

Tidak hanya itu ada beberapa faktor lain yang menyebabkan rambut rontok, seperti salah dalam merawat dan penataan rambut, menopause, kehamilan, efek samping obat obatan seperti kemoterapi dan pil Keluarga Berencana.

Dikarenakan dapat disebabkan oleh banyak faktor, maka dalam merawat rambut rontok harus disesuaikan dengan hal yang menjadi penyebabnya. Maka dari itu cara merawat rambut rontok ini dapat dengan metode alami maupun metode pengobatan.

 

perawatan rambut rontok

Perawatan Rambut Rontok Dengan Metode Alami

Dalam perawatan rambut rontok yang secara alami, anda dapat melakukan cara cara seperti berikut ini:

Mengonsumsi Makanan Sehat

Kurangnya nutrisi pada tubuh dapat menjadi faktor rambut menjadi rapuh dan rontok. Agar dapat tumbuh dengan baik, kuat dan lembut, memerlukan banyaknya nutrisi seperti zat besi, protein, zinc, asam folat, vit D, vit A, vit E, biotin dan antioksidan.

Anda dapat melengkapi jumlah nutrisi tersebut dalam mencegah dan mengatasi rambut rontok. Nutrisi nutrisi tersebut dapat anda peroleh dari jenis makanan sehat, seperti telur, daging, ikan, makanan laut, alpukat, sayur bayam, biji bijian dan kacang kedelai maupun suplemen untuk nutrisi tambahan sesuai dengan resep dokter yang sudah dianjurkan.

Perawatan Rambut Yang Baik dan Lembut

Penataan rambut yang tidak tepat sering kali dapat menjadi penyebab rambut mudah patah, rusak dan rontok. Misal seperti mengikat rambut yang terlalu kencang, seringnya mencatok rambut, menggunakan hair dryer yang terlalu panas, meluruskan rambut dengan hair rebonding, mewarnai rambut dengan semir rambut yang mengandung bahan kimia, dan mengeritingkan rambut.

Untuk mencegah rambut menjadi semakin menambah parah, anda harus merawat rambut secara lembut dan hindarilah suhu yang panas ataupun banyaknya penggunaan bahan kimia. Jika memang diperlukan anda dapat mencoba produk perawatan seperti shampoo, serum rambut dan kondisioner.

Pengelolaan Stress

Stress merupakan salah satu penyebab resiko yang dapat mengakibatkan rambut rontok. Disaat anda sering sekali mengalami stres berat, hormon yang ada didalam tubuh dapat mengalami perubahan sehinngga bisa saja menimbulkan kerontokan pada rambut anda. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengelola stres agar rambut dapat menghindari kerontokan.

Perawatan Rambut Rontok dengan Metode Obat

Selain perawatan rambut rontok dengan metode alami seperti yang sudah dijelaskan di atas, perawat rambut rontok juga dapat dilakukan dengan metode obat-obatan. Pada dasarnya mengobati rambut rontok memelukan penyesuaian dengan faktor faktor yang menjadi penyebabnya, seperti penyakit tertentu, dokter biasanya akan mengatasi peyakit tersebut untuk mengobati rambut yang rontok.

Dalam membantu menyuburkan pertumbuhan rambut seseorang, dokter biasanya memberikan resep beberapa obat seperti berikut ini:

Obat Minoxidil

Minoxidil merupakan obat yang berwujud cairan penggunaannya yaitu dengan cara digosokkan atau disemprotkan ke bagian kulit kepala. Obat ini dapat membantu menyuburkan pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut menjadi kuat.

Dengan memakai obat secara teratur, rambut anda akan berangsur mengalami pertumbuhan dan kerontokan rambut dapat berkurang. Namun setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan untuk melihat hasilnya.

Akan tetapi obat minoxidil dapat memicu adanya efek samping seperti iritasi kulit kepala. Perumbuhan rambut yang tidak diinginkan pada area sekitar wajah.

Finasteride

Obat ini merupakan obat pil yang penggunaannya dengan cara diminum dan hanya bisa didapat melalui resep dokter dan hanya direkomendasikan untuk rambut yang rontok pada pira. Finasteride ini memiliki fungsi dalam memperlambat kerontokan rambut dan memicu perumbuhan rambut yang baru.

Finasteride sangat tidak efektif jika diminum oleh pria yang memilki usia 60 tahun. Tidak hanya itu penggunaan obat ini dapat memicu efek samping seperti fungsi seksual yang menurun. Gairah seks berkurang dan dapat menigkatkan adanya kanker prostat.

Selain penggunaan obat obatan dokter biasanya memberikan saran agar menjalani perawatan rambut rontok yang lainnya seperti terapi laser dan transplantasi rambut.

Dalam menentukan jenis perawatan untuk mengatasi rambut rontok yang tepat, maka alangkah baiknya jika berkonsultasi dengan dokter ahli. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan agar dokter dapat menganalisa dan menentukan faktor yang menjadi penyebab kerontokan rambut.

Nah itulah beberapa perawat rambut rontok agar tetap sehat dan terjaga dengan baik. Bagi anda yang sedang mencari alat alat kesehatan, anda dapat dengan mudah menghubungi AGM Medica yang mana adalah Distributor Alat Kesehatan Terlengkap Di Indonesia. AGM Medica menyediakan berbagai macam alat kesehatan mulai dari alat kesehatan pribadi, keluarga dan alat alat kesehatan rumah sakit. Segera miliki alat kesehatan mu di AGM Medica.

 

error: Content is protected !!